Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik evaluasi dalam konteks pendidikan, khususnya terkait dengan pengukuran dan penilaian hasil belajar. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai berbagai pendekatan dan teknik evaluasi yang dapat digunakan untuk menilai efektivitas proses pembelajaran, pencapaian tujuan pembelajaran, dan perkembangan peserta didik.

Capaian Pembelajaran:

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar evaluasi pembelajaran, termasuk perbedaan antara evaluasi, asesmen, dan pengukuran.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan berbagai metode dan teknik evaluasi yang relevan dalam konteks pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu merancang instrumen evaluasi yang valid dan reliabel untuk menilai hasil belajar peserta didik.
  • Mahasiswa mampu menganalisis data hasil evaluasi untuk membuat keputusan yang tepat dalam perbaikan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip etika dalam proses evaluasi pembelajaran.

Topik Utama:

  1. Pengantar Evaluasi Pembelajaran
  2. Prinsip-Prinsip Evaluasi dan Asesmen
  3. Desain Instrumen Evaluasi (Tes dan Non-Tes)
  4. Validitas dan Reliabilitas Instrumen
  5. Analisis Data Evaluasi
  6. Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi
  7. Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran
  8. Penilaian Autentik dan Portofolio
  9. Penggunaan Hasil Evaluasi untuk Pengambilan Keputusan
  10. Etika dalam Evaluasi Pembelajaran

Metode Pembelajaran: Mata kuliah ini disampaikan melalui kombinasi kuliah tatap muka, diskusi kelompok, studi kasus, dan praktik langsung dalam merancang dan menganalisis instrumen evaluasi. Mahasiswa juga akan melakukan proyek evaluasi sebagai bagian dari penilaian akhir.

Penilaian: Penilaian dalam mata kuliah ini terdiri dari partisipasi kelas, tugas individu dan kelompok, ujian tengah semester, proyek akhir, dan ujian akhir. Penekanan diberikan pada kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan teori ke dalam praktik evaluasi yang nyata.